16.1.09

Mengapa Ponsel Dapat Menyebabkan Kanker?

Kabar bahwa ponsel dapat menyebabkan kanker sudah sering kita dengar. Tapi, bagaimana prosesnya sehingga sang kanker bisa muncul?

Ya, sebenarnya udah jelas dong. Semakin mahal sebuah ponsel semakin mudah ia menyebabkan kanker... kantong kering... halah. Garing :(

Berikut ini penjelasan seriusnya:
Ponsel sejatinya adalah sebuah alat elektronik. Walau luarnya berbalut casing cantik, tapi jeroannya tetap saja berupa rangkaian listrik yang ruwet.

Kerja rangkaian ini menimbulkan gelombang elektromagnetik di sekitar ponsel. Karena ponsel umumnya diletakkan di dekat tubuh manusia, maka gelombang elektromagnetiknya juga menerpa tubuh pengguna ponsel.

Sel-sel tubuh yang terpapar tentu saja bereaksi terhadap gelombang itu. Celakanya, dalam penggunaannya sehari-hari, ponsel jarang dimatikan oleh penggunanya alias dihidupkan terus. Akibatnya, ponsel terus-menerus memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang yang terus-menerus memancar inilah yang menyebabkan kanker pada tubuh manusia.

Menurut "American Journal of Epidemiology", penggunaan ponsel dalam waktu lama dan rutin dapat meningkatkan resiko terkena kanker mulut sampai dengan 50%. Sebuah penelitian terhadap 1.256 orang pengguna ponsel menemukan bahwa 402 orang di antara mereka menderita tumor mulut kategori sedang, sedang 56 orang lainnya masuk kategori ganas.

Terus gimana dong? Masa kembali ke jaman batu, hidup tanpa ponsel?

Ya, nggak gitu sih. Cuma ya itu tadi, jangan gunakan ponsel terus-menerus dalam waktu yang lama dan rutin. Selain kamu bisa kena kanker mulut, juga dapat menguras pulsa. Ya, ujung-ujungnya duit juga sih.

Salam Sehat

6 comments:

yoyo said...

beruntung saya termasuk yang jarang menggunakan ponsel :)

makasih infonya :D

gfgf said...

sama kok ini http://jenggotcommunity.blogspot.com/2008/10/bahaya-ponsel-melebihi-daripada-rokok.html

www.katobengke.com said...

wah postingan yan cukup ...NICE..........
sungguh aq sering dengar kanker bsa disebabkan oleh ponsel tapi aq kagak tau alasanya mengapa....
makasih yah atas infonya...

Adie said...

kalo pake handsfree, bisa mengurangi nggak??

Anonymous said...

ya iya jelaslah, ponsel bisa menyebabkan kanker mulut,soalnya orang yang menelpon kaga berhenti,mulutnya nya akan berbusa dan kering...coba aja nelpon berhari hari tanpa nonstop...pasti deh kanker mulut.....hahahahahahaaaaaa

Cara Menurunkan Asam Lambung said...

Karena ponsel itu apalg kalo terkoneksi dengan internet bisa radiasi katanya, masuk akan juga

Post a Comment

Search