29.1.09

Ini Bedanya Rajungan Dari Kepiting

Tadinya saya gak ngerti kenapa para pedagang seafood membedakan rajungan dari kepiting. Padahal, bagi saya, keduanya sama saja: ya kepiting. Binatang air, ceper, punya sepasang capit dan enam kaki, buat saya itu namanya: kepiting.

Ternyata memang ada perbedaan yang menyebabkan keduanya diberi nama beda. Secara fisik memang hampir sama, tapi rajungan nampaknya punya capit yang lebih panjang.

Bila kepiting hidup di perairan payau, seperti di hutan bakau atau di pematang tambak, rajungan hidup di dalam laut. Rajungan memang tergolong hewan yang bermukim di dasar laut, tapi malam hari suka naik ke permukaan untuk cari makan. Makanya rajungan disebut juga "swimming crab" alias kepiting yang bisa berenang.

Dari segi kesehatan, keunggulan rajungan adalah kandungan proteinnya cukup tinggi, sementara kandungan lemak dan kolesterolnya rendah. Proteinnya sekitar 16-17gr per 100gr daging rajungan itu. Jadi cukup besar untuk menjadi sumber protein yang sangat potensial.

Bagi konsumen yang membatasi makanan berlemak dan kolesterol tinggi, rajungan adalah sahabat baik Anda. Menikmati hidangan laut ini tidak akan menyebabkan Anda terkena penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Kandungan lemak dan kolesterol di dalam rajungan sangat rendah. Ini kabar baik, karena lemak jenuh dan kolesterol dapat memperbesar resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan darah tinggi.

Salam Sehat.

1 comments:

Hendra said...

Info yang bermamfaat....tq...

Post a Comment

Search